Honda VFR1200F

Honda V4 Concept Model.

Honda VFR1200F with Dress-up Parts and Accessories.jpg
Manufacturer Honda
Production October 2009–
Predecessor VFR800, Super Blackbird[2]
Class Sport touring
Engine 1,237 cc (75.5 cu in), SOHC, 76° V4
Throttle by wire
Bore / Stroke 81 × 60 mm (3.2 × 2.4 in)
Compression ratio 12.0:1
Power 127 kW (170 hp) @ 10,000 rpm
Torque 129 N·m (95 lb·ft) @ 8,750 rpm
Transmission Manual sequential 6-speed or optional dual clutch gearbox
Shaft drive
Suspension Front: 43 mm telescopic fork, preload adjustable
Rear: Pro-link with rebound and remote preload adjust, single-sided swingarm
Brakes Front: 320 mm dual disc, 6-piston, Combined ABS
Rear: 276 mm single disc, 2-piston, C-ABS
Tires Front: 120/70 ZR17
Rear: 190/55 ZR17
Rake, Trail 25.5°, 101 mm (4.0 in)
Wheelbase 1,545 mm (60.8 in)
Dimensions L 2,250 mm (89 in)
W 755 mm (29.7 in)
H 1,220 mm (48 in)
Seat height 815 mm (32.1 in)
Weight 267 kg (590 lb) (wet)
Fuel capacity 18.5 l (4.1 imp gal; 4.9 US gal)
Oil capacity 4 l (4.2 US qt)
Fuel consumption 15.5 km/l (44 mpg-imp; 36 mpg-US)
Turning radius 3.5 m (11 ft)
Arsitektur V4 melintang-mount disimpan dari model sebelumnya namun teknologi VTEC dihentikan.
Sebaliknya mesin baru menggabungkan camshaft overhead sistem distribusi tunggal yang disebut Unicam yang telah sudah diuji pada mesin Honda offroad. Sistem ini mengurangi ukuran mesin kompak yang dapat ditempatkan lebih jauh ke depan dalam frame sepeda sambil menurunkan pusat gravitasi. Sebuah posisi 28 ° pin engkol dan urutan pembakaran tertentu dari silinder mengurangi getaran. Oleh karena itu insinyur menghindari kebutuhan untuk poros keseimbangan dan membatasi beban mesin. Throttle adalah throttle elektronik dengan kawat.
Konfigurasi dari silinder juga unik. V4 memiliki bank silinder belakang dipasangkan erat bersama-sama, dengan ujung besar dari batang menghubungkan pada sisi bagian dalam jurnal engkol. Bank maju dari silinder diatur sebaliknya tempel bank belakang, dengan ujung besar dipasang jurnal di sisi luar dari jurnal engkol. Desain ini memungkinkan untuk mesin yang jauh lebih sempit di bagian belakang, yang memberikan pengendara sepeda lebih ramping dan memungkinkan jangkauan lebih mudah untuk tanah dari kursi.[Sunting] Transmisi
VFR1200F ini tersedia dengan baik transmisi manual konvensional sekuensial, atau transmisi kopling otomatis ganda (DCT), [12] yang keduanya dikawinkan untuk menggerakkan poros akhir. Versi DCT, dikenal di beberapa pasar sebagai VFR1200FD, memiliki cengkeraman ganda, satu operasi 1, gigi 3 dan 5, operasi lain 2, gigi 4 dan 6. Cengkeraman dual dapat beralih cepat antara gigi dan dapat beroperasi dalam satu dari tiga mode: 'D', yang merupakan bahan bakar-efisien mode otomatis penuh; 'S', mode olahraga otomatis, yang perubahan gigi pada kecepatan mesin yang lebih tinggi; dan manual mode, di mana perubahan pengendara gigi menggunakan dayung dipasang pada setang. Gearbox ini adalah yang pertama dari jenisnya dipasang ke sepeda motor kapasitas besar, meskipun transmisi dual clutch sudah digunakan dalam mobil. Gearbox DCT mempertahankan pengereman mesin sebagai dengan transmisi manual konvensional [3].[Sunting] Rem
VFR1200F menggabungkan sistem pengereman gabungan (CBS) seperti pada model generasi VFR sebelumnya, dan anti-lock brakes (ABS) sebagai perlengkapan standar. [3]

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More