cbr1100xx











Manufacturer

Honda


Also called

Super Blackbird


Model year

1996–2007


Class

Sport bike


Engine

1,137 cc (69.4 cu in) DOHC 4-valves/cyl. liquid-cooled inline four, EFI


Bore / Stroke

79.0 × 58.0 mm (3.11 × 2.28 in)


Compression ratio

11.0:1


Pada pertengahan tahun 1990, Honda bertekad untuk menghasilkan produksi sepeda motor tercepat di dunia dan untuk mengambil alih hak membual terkait dan dampak pemasaran, pada saat dipegang oleh Kawasaki Ninja ZX11 [4]. Hal ini menyebabkan penciptaan CBR1100XX super Blackbird. Nama Blackbird adalah mengangguk ke pesawat Lockheed SR-71, dunia tercepat pesawat [9].
Dalam edisi Februari 1997 majalah Sport Rider, CBR1100XX itu diuji pada kecepatan 178,5 mph atas (287,3 km / jam), [5] dibandingkan dengan 175 mph (281,6 km / jam) untuk ZX-11 [10]. Its supremasi atas ZX-11 telah dikonfirmasi pada bulan April 2007 oleh Motorcycle News Konsumen, meskipun kecepatan yang dicapai sedikit lebih rendah dan margin yang lebih sempit. [2]
Pada tahun 1999 Suzuki Hayabusa GSX1300R menyalip CBR1100XX tersebut. Itu tercantum dalam Millenium Edition 2000 Guinness World Records sebagai sepeda produksi tercepat di dunia dengan kecepatan tertinggi dari 194 mph (312 km / h) [7].[Sunting] Sejarah Produksi
Produksi Blackbird dimulai pada 1996 dan dihentikan pada tahun 2007. Impor ke Amerika Utara berakhir pada tahun 2003 tetapi penjualan terus di Eropa sampai tahun 2007. Perubahan besar Blackbird diperkenalkan pada tahun 1999, ketika Honda beralih dari karburator ke injeksi bahan bakar PGM. Blackbird 2001 menerima instrumen cluster LCD. Sejak itu, sebagian besar skema warna telah berubah tetapi perubahan pada knalpot dan sistem pengisian bahan bakar telah dibuat untuk memenuhi standar emisi dan memelihara atau meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Variasi spesifik terhadap model awal adalah:
1998
Modifikasi untuk perumahan termostat. Perubahan lainnya adalah kecil.1999
Mayor pembaruan.

PGM FI sistem injeksi bahan bakar diperkenalkan.
Ram-sistem udara diperkenalkan. Ini menyediakan mesin dengan udara lebih pada kecepatan tinggi (di atas 200 km/h/120 mph) memanfaatkan tekanan aerodinamis, sehingga meningkatkan output daya ke 164 hp diklaim (122 kW) pada 9.500 rpm (di engkol).
Revisi terkait dengan rem diubah proporsi antara depan dan belakang.
Kapasitas tangki bahan bakar meningkat 22-24 liter.
Tuas choke dihapus dari perakitan beralih sisi kiri karena tidak lagi diperlukan.
Untuk mengakomodasi ram tabung udara, pendingin oli menjadi lebih rendah dan lebih luas.
Bushings garpu dalam dan luar yang lebih luas, mengubah menurunkan garpu dan slider.
Peringatan sidestand cahaya pada instrument cluster menjadi lampu peringatan FI.
Bagian yang luas dari as roda depan (sisi kiri) menjadi 10 mm lebih panjang, yang membuat kiri gandar depan ruang 10 mm lebih pendek.
Kedua lampu dalam terang ekor vertikal sejajar, tahun-tahun sebelumnya mereka berdampingan.
Hub roda depan diperbesar, rotor rem berubah.
Saklar pengapian berubah, dan tombol yang lebih lama.
Operator rotor, tutup stator dan penutup kopling warna titanium ringan.
Jumlah pelat kopling berkurang 9-7.
Perubahan dalam bentuk spatbor belakang untuk mengakomodasi elektronik tambahan.
Produsen listrik dan angka torsi 164 hp (122,3 Kw) dan 91,5 ft-lbs (124 Nm)
2000
Tidak ada perubahan
2001
Baru dashboard sekarang memiliki speedometer digital dan indikator lainnya, kecuali tachometer, yang kini di tengah dashboard.
2002
Baru pemetaan EFI untuk mematuhi standar emisi dan menghilangkan respon throttle mendadak pada kecepatan rendah.
Tenaga dan torsi produsen angka dikurangi menjadi 152 hp (113,3 Kw) dan 87,8 ft-lbs (119 Nm)
2005
Pabrik Honda pengguna menyatakan bahan bakar kapasitas tangki adalah 23 liter.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More