2005 GSXR 1000 ("K5") with modified (Yoshimura) exhaust system
Manufacturer Suzuki
Also called Gixxer, GSXR
Production since 2001
Predecessor GSX-R1100
Class Sport bike[1]
Related Suzuki GSX-R600
Suzuki GSX-R750
Untuk tahun 2001, Suzuki memperkenalkan model GSX-R baru yang menggantikan model terbesar dan paling kuat dari motor GSX-R olahraga seri, GSX-R1100, dengan semua baru GSX-R1000. Seperti nama model mengungkapkan, perpindahan silinder mesin 1.000 cc kira-kira (61 cu in), sekitar 100 cc lebih kecil dari pendahulunya. GSX-R1000 bukan hanya versi yang besar dari GSX-R750, meskipun banyak fitur berbagi dengan adik nya. Frame utama adalah sama dalam kedua model, tetapi bahan yang digunakan pada kakak adalah 0,5 mm (0,020 in) lebih tebal. Suzuki mengklaim kekakuan torsi dari frame meningkat 10% dibandingkan dengan GSX-R750.
Mesin GSX-R1000 adalah mesin GSX-R750 didesain ulang. R1000 ini memiliki 1 mm (0,039 in) bore lebih besar dan 13 mm (0,51 di) stroke lagi, piston baru dirancang dengan mahkota yang lebih rendah, dan gigi-driven penyeimbang kontra. Mesin ditimbang £ 130 (59 kg) yang sedikit lebih berat dibandingkan dengan mesin 750 namun £ 31 (14 kg) lebih ringan dari mesin GSX1300R tersebut. Kinerja mesin adalah puncak dari 160 bhp (120 kW) pada 9.500 rpm, yang diukur pada engkol dan 143 hp (107 kW), [2] ketika diukur di roda belakang dengan variasi kecil antara contoh yang berbeda dari yang sama Model. Redline di set pada 12.000 rpm. Torsi maksimum mesin adalah 80 ft · lbf (110 N · m) pada 8.000 rpm. Dikombinasikan dengan berat (kering) total £ 374 (170 kg) ini memberikan GSX-R1000 kecepatan tertinggi 179 mph (288 km / jam), waktu 1 / 4 mil dari 10,1 detik pada 141,7 mph (228,0 km / h), dan 0 sampai 100 km / h (62 mph) waktu 3 detik.
Menggunakan titanium untuk knalpot bawah pipa (K1 model pipa link hitam, model pipa Link K2 adalah titanium dipoles) dan bagian dalam peredam, memungkinkan sistem pembuangan 1000s menjadi 4 lb (1,8 kg) lebih ringan dibandingkan dengan 750 [ kutipan diperlukan]. Titanium juga digunakan di garpu depan (Titanium-nitrida) untuk melapisi kandang. Sebuah katup buang tala telah dipasang di dalam pipa knalpot. Menggunakan servo sistem dinamis menyesuaikan tekanan balik knalpot, menurut kecepatan mesin, posisi throttle, dan pemilihan peralatan untuk torsi meningkat, emisi rendah, dan penurunan kebisingan-the-(saham) knalpot kebisingan GSX-R1000 ini terutama lebih rendah dari itu dari GSX-R600.
Dengan model tahun 2001 GSX-R1000, tahun 1998 Yamaha YZF-R1 ini akhirnya melampaui dengan GSX-R yang lebih ringan dan lebih kuat. [3]
Model 2001 dibawa ke 2002 dengan perubahan yang minimal. 2002 diperkenalkan i.a. modifikasi pada pompa bahan bakar, kopling, poros depan, link torsi, cermin, dan kait bagasi. Manual cepat menganggur digantikan dengan implementasi komputer dioperasikan (yang "STV servo"). Warna baru, dan stiker GSXR baru.[Sunting] 2003
Setelah GSX-R1000 sudah tiga tahun di jalan dan trek balap, Suzuki mengeluarkan versi baru dari model pada akhir September 2002. Suzuki insinyur telah bekerja pada tiga hal yang membuat sepeda lebih cepat cepat; berat badan, daya dan penanganan. Tahun 2003 ini GSX-R1000 ditingkatkan di semua tiga hitungan. Beratnya kurang, memiliki lebih banyak kekuatan / torsi dan ditangani lebih baik.
Dimensi fisik dari motor itu hampir identik dengan model tahun sebelumnya. Tinggi kursi dan tinggi keseluruhan agak rendah tetapi geometri sepeda itu persis sama seperti sebelumnya. Sudah frame aluminium paduan yang kaku itu baru dirancang dan dilaksanakan dengan rusuk internal. Bingkai serta roda kini dilapisi hitam.
Rem depan juga baru. Suzuki memutuskan untuk menjatuhkan kaliper enam piston. Baru radial mount empat piston kaliper berat 30 gram dan lebih kecil kurang grip 300 mm (12 in) disk yang menyelamatkan yang lain g 300 (£ 0,66). Meskipun kecil, Suzuki mengklaim bahwa rem baru memberikan yang lebih baik berhenti dan berbelok-dalam kinerja.
Lampu tahun 2003 itu GSX-R1000 yang dipasang secara vertikal untuk mengaktifkan ram intake udara di bagian depan untuk ditempatkan 20 mm (0,79 di) dekat garis tengah sepeda. Desain baru ini sangat terinspirasi oleh tampilan Hayabusa. Instrumen juga didesain ulang.
Perpindahan silinder mesin 988 cc tetap sama (60,3 cu in), tetapi lebih banyak kekuatan / torsi dan respon throttle yang lebih baik telah dicapai dengan menambahkan empat lubang ventilasi antara silinder untuk menyamakan tekanan crankcase bawah piston, memindahkan asupan udara lebih dekat ke tengah dan peningkatan sistem manajemen mesin dari 16 bit ke ECU 32-bit. Seluruh sistem pembuangan kini terbuat dari titanium untuk menyimpan tambahan 1,32 lb (0,60 kg) dan lampu ekor LED diganti dengan.
Model 2003 dibawa ke 2004 tanpa ada perbaikan yang signifikan.[Sunting] 2005
Model tahun 2005 GSX-R1000 telah didesain ulang mesin dan sasis. Ini memiliki berat badan £ 4,4 (2,0 kg) lebih rendah dari model sebelumnya dan mesin memiliki 11 cc (0,67 cu in) perpindahan piston lebih besar. Ia memiliki bingkai yang sama sekali baru mengurangi total panjang sepeda dengan 1,6 di (41 mm) tetapi mengurangi jarak sumbu roda yang hanya 0,02 di (0,51 mm). Ada rem baru dengan kaliper radial mount dan 310 mm (12 in) cakram di bagian depan. Peredam titanium baru katalitik dikatakan dirancang untuk mengurangi turbulensi untuk minimum.
Model 2005 memiliki berat basah diuji £ 444 (201 kg) [4] Power output diuji 162,1 hp (120,9 kW) pada 11.500 rpm dan torsi puncak 79,9 ft · lbf (108,3 N · m) pada 8.500 rpm.. [4]
Model 2005 dibawa ke 2006 tanpa ada perbaikan yang signifikan.[Sunting] 2007
Pada tanggal 22 September 2006, Suzuki mengungkapkan secara signifikan diperbarui GSX-R1000 untuk tahun 2007 di Paris Motor Show. Sepeda baru diperoleh £ 14 (6,4 kg) atas model 2006 yang karena sistem knalpot baru dan peraturan emisi yang baru. Untuk mengatasi ini kenaikan berat badan, Suzuki mengklaim aerodinamis ditingkatkan sejalan dengan mesin lebih cepat revving dan throttle body lebih besar untuk meningkatkan kekuatan untuk 168 hp (125 kW) @ 11.500 rpm. Meskipun tidak sepenuhnya model baru, mesin dan sasis telah diperbarui. Hal ini juga menampilkan tiga konfigurasi pemetaan mesin yang berbeda, dipilih melalui dua tombol yang terletak di setang kanan. Satu, dan satu down untuk siklus antara Mode A (tidak terikat), Mode B (Mengurangi daya hingga 50% throttle diterapkan), dan Mode C (daya Mengurangi seluruh rpm terlepas dari aplikasi throttle). Hal ini juga menerima kopling hidrolik.
Model 2007 dibawa ke 2008 tanpa perbaikan yang signifikan.[Sunting] 2009[Sunting] Spesifikasi
Semua spesifikasi adalah produsen diklaim dan diperkirakan. [5]2001-2002 2003-2004 2005-2006 2009-2011 2007-2008Mesin 988 cc (60,3 cu in), 4-stroke, empat silinder, liquid-cooled, DOHC 16-katup, 998,6 cc TSCC (60,94 cu in), 4-stroke, empat silinder, liquid-cooled, DOHC, 16 -katup, TSCC 999 cc (61,0 cu in), 4-stroke, empat silinder, liquid-cooled, DOHC, 16-katup, TSCCBore Stroke: 73,0 mm (2,87 di) x 59,0 mm (2.32 in) 73,0 mm (2,87 di) x 59,0 mm (2.32 in) 73,4 mm (2,89 di) x 59,0 mm (2.32 in) 74,5 mm (2,93 di) x 57,3 mm (2,26 di) [6]Rasio kompresi: 12.0:1 12.0:1 12.5:1 12.8:1 [6]Power (engkol) 160 hp (120 kW) @ 10.800 rpm 162 hp (121 kW) @ 10.800 rpm 178 hp (133 kW) @ 11.000 rpm 185 hp (138 kW) @ 12.000 rpm 191 hp (142 kW) @ 12.000 rpmSistem Bahan Bakar: Fuel InjectionPelumasan: Bak Penampung BasahPengapian: Digital / transistorizedTransmisi: 6-kecepatan, jala konstan 6-kecepatan, mesh, konstanta kopling torsi Kembali membatasiAkhir Drive: # 530 rantai (110 link) 17T / 42TPanjang Keseluruhan: 2.045 mm (80,5 in) 2.070 mm (81 in) 2.030 mm (80 in) 2.045 mm (80,5 in)Lebar Keseluruhan: 715 mm (28,1 in) 715 mm (28,1 in) 710 mm (28 in) 720 mm (28 in) 710 mm (28 in)Keseluruhan Tinggi: 1.135 mm (44,7 in) 1.145 mm (45,1 in) 1.130 mm (44 in)Kursi Tinggi: 830 mm (33 in) 820 mm (32 in) 810 mm (32 in)Pembersihan tanah: 130 mm (5.1) 125 mm (4,9 dalam) 120 mm (4,7 in)Wheelbase: 1.410 mm (56 in) 1.405 mm (55,3 in) 1.415 mm (55,7 in) 1.405 mm (55,3 in)Berat kering: 374 lb (170 kg) £ 370,4 (168,0 kg) £ 365 (166 kg) £ 379 (172 kg)Basah Berat: 443 lb (201 kg) [kutipan diperlukan] £ 444 (201 kg) [kutipan diperlukan] £ 446 (202 kg) £ 448 (203 kg)Suspensi depan: Kayaba 43 mm (1,7 in) Inverted telescopic, coil spring, minyak teredam, musim semi pre-load sepenuhnya disesuaikan, efek kompresi gaya redaman disesuaikan. Kayaba 43 mm (1,7 in) garpu teleskopik terbalik dengan DLC coating, musim semi preload, rebound dan penyesuaian kompresi Inverted telescopic, coil spring, spring preload disetel sepenuhnya, kompresi dan rebound damping Inverted telescopic, coil spring, spring preload sepenuhnya disesuaikan, tinggi & rendah kecepatan kompresi dan rebound damping Showa Inverted telescopic, coil spring, spring preload sepenuhnya disesuaikan, kompresi kecepatan tinggi & rendah dan rebound damping / Baru steering damper yang dikontrol secara elektronik menggunakan katup solenoid untuk memindahkan jarum runcing mengurangi atau meningkatkan aliran minyak untuk menyesuaikan gaya redaman.Suspensi Belakang: jenis Link, gas / minyak teredam, kumparan semi, musim semi pre-load sepenuhnya disesuaikan, gaya rebound damping dan jenis kompresi kekuatan link redaman disesuaikan, coil spring, minyak teredam, adjustable spring preload, kompresi dan rebound link tipe-redaman, gas / minyak-teredam, sepenuhnya disesuaikan spring preload, kompresi dan rebound damping Link-jenis, gas / minyak-teredam, spring preload sepenuhnya disesuaikan, kompresi kecepatan tinggi & rendah dan rebound dampingRem Depan: Twin setengah mengambang steel disk 300 mm (12 in) dan 6 piston kaliper Tokico Twin 300 mm (12 in) setengah mengambang steel disk dan 4 piston kaliper Tokico radial mount disk hidrolik GandaRem Belakang: Single disk yang 220 mm (8,7 in) dan Tokico ganda piston caliper tunggal 220 mm (8,7 in) disk dan piston caliper cakram ganda hidrolik TunggalBan Depan: 120/70-ZR-17Ban Belakang: 190/50-ZR-17Tangki Bahan Bakar Kapasitas: 18 L (4,0 imp gal; 4,8 US gal)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More