Manufacturer | Honda |
---|---|
Production | October 2009– |
Predecessor | VFR800, Super Blackbird[2] |
Class | Sport touring |
Engine | 1,237 cc (75.5 cu in), SOHC, 76° V4 Throttle by wire |
Bore / Stroke | 81 × 60 mm (3.2 × 2.4 in) |
Compression ratio | 12.0:1 |
Power | 127 kW (170 hp) @ 10,000 rpm |
Torque | 129 N·m (95 lb·ft) @ 8,750 rpm |
Transmission | Manual sequential 6-speed or optional dual clutch gearbox Shaft drive |
Suspension | Front: 43 mm telescopic fork, preload adjustable Rear: Pro-link with rebound and remote preload adjust, single-sided swingarm |
Brakes | Front: 320 mm dual disc, 6-piston, Combined ABS Rear: 276 mm single disc, 2-piston, C-ABS |
Tires | Front: 120/70 ZR17 Rear: 190/55 ZR17 |
Rake, Trail | 25.5°, 101 mm (4.0 in) |
Wheelbase | 1,545 mm (60.8 in) |
Dimensions | L 2,250 mm (89 in) W 755 mm (29.7 in) H 1,220 mm (48 in) |
Seat height | 815 mm (32.1 in) |
Weight | 267 kg (590 lb) (wet) |
Fuel capacity | 18.5 l (4.1 imp gal; 4.9 US gal) |
Oil capacity | 4 l (4.2 US qt) |
Fuel consumption | 15.5 km/l (44 mpg-imp; 36 mpg-US) |
Turning radius | 3.5 m (11 ft) |
Sebaliknya mesin baru menggabungkan camshaft overhead sistem distribusi tunggal yang disebut Unicam yang telah sudah diuji pada mesin Honda offroad. Sistem ini mengurangi ukuran mesin kompak yang dapat ditempatkan lebih jauh ke depan dalam frame sepeda sambil menurunkan pusat gravitasi. Sebuah posisi 28 ° pin engkol dan urutan pembakaran tertentu dari silinder mengurangi getaran. Oleh karena itu insinyur menghindari kebutuhan untuk poros keseimbangan dan membatasi beban mesin. Throttle adalah throttle elektronik dengan kawat.
Konfigurasi dari silinder juga unik. V4 memiliki bank silinder belakang dipasangkan erat bersama-sama, dengan ujung besar dari batang menghubungkan pada sisi bagian dalam jurnal engkol. Bank maju dari silinder diatur sebaliknya tempel bank belakang, dengan ujung besar dipasang jurnal di sisi luar dari jurnal engkol. Desain ini memungkinkan untuk mesin yang jauh lebih sempit di bagian belakang, yang memberikan pengendara sepeda lebih ramping dan memungkinkan jangkauan lebih mudah untuk tanah dari kursi.[Sunting] Transmisi
VFR1200F ini tersedia dengan baik transmisi manual konvensional sekuensial, atau transmisi kopling otomatis ganda (DCT), [12] yang keduanya dikawinkan untuk menggerakkan poros akhir. Versi DCT, dikenal di beberapa pasar sebagai VFR1200FD, memiliki cengkeraman ganda, satu operasi 1, gigi 3 dan 5, operasi lain 2, gigi 4 dan 6. Cengkeraman dual dapat beralih cepat antara gigi dan dapat beroperasi dalam satu dari tiga mode: 'D', yang merupakan bahan bakar-efisien mode otomatis penuh; 'S', mode olahraga otomatis, yang perubahan gigi pada kecepatan mesin yang lebih tinggi; dan manual mode, di mana perubahan pengendara gigi menggunakan dayung dipasang pada setang. Gearbox ini adalah yang pertama dari jenisnya dipasang ke sepeda motor kapasitas besar, meskipun transmisi dual clutch sudah digunakan dalam mobil. Gearbox DCT mempertahankan pengereman mesin sebagai dengan transmisi manual konvensional [3].[Sunting] Rem
VFR1200F menggabungkan sistem pengereman gabungan (CBS) seperti pada model generasi VFR sebelumnya, dan anti-lock brakes (ABS) sebagai perlengkapan standar. [3]