Skutik Merajai Pasar sepeda Motor

: Produsen sepeda motor PT Astra Honda Motor (AHM) menguasai pasar sepeda motor matik (skutik) sebesar
52,23 persen dengan penjualan sebesar 518.136 unit dan fokus menggarap pasar itu untuk memenangkan persaingan.
Wakil Presdir AHM Johannes Loman, menyatakan penjualan skutik AHM telah mencapai lebih dari 50 persen, mengalahkan penjualan
sepeda motor bebek. “Tren permintaan sepeda motor di dalam negeri juga mengarah ke skutik.
Pertumbuhan permintaan skutik cukup
tinggi, terutama dari kalangan perempuan,” katanya di Jakarta, Selasa (19/4).
Permintaan skutik menurutnya, juga mulai menyebar, tidak hanya di kota besar, tp juga di daerah yang sebagian besar fasilitas jalannya
sudah bagus. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada triwulan I 2011 penjualan skutik mencapai 992.051
unit atau 49,75 persen dari penjualan sepeda motor nasional.
Dari jumlah tersebut AHM menguasai 52,2 persen atau sebesar 518.136 unit,
kemudian Yamaha menguasai 44,8 persen dengan penjualan sebesar 444.192 unit, dan Suzuki sebesar tiga persen dengan penjualan
sebesar 29.723 unit.
Honda pertama masuk ke segmen skutik tahun 2006 dengan model Vario, kemudian pada 2008 mengeluarkan skutik kedua yaitu Beat,
dan pada 2010 mengeluarkan flagship skutik kelas atasnya PCX, di samping model retro modern Scoopy.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More